Cara Membuat Kamera Android Menjadi Webcam

Menjadikan Kamera Belakang Android Menjadi Webcam. Sebagian besar laptop dan desktop monitor saat ini sudah dilengkapi dengan webcam built-in dan mikrofon untuk kebutuhan internet video chatting. Namun, resolusi kamera ini biasanya hanya berkisar rata-rata 1,3 sampai 2 MP dan dengan kualitas tersebut maka kualitas video yang didapatkan akan kurang bagus.

Dan sebagian besar smartphone juga memiliki kamera depat untuk yang dapat diguankan untuk panggilan video lewat ponsel, sama halnya, kamera ini juga beresolusi rendah dan kualitas video akan buram.

Kali ini kaskot menemukan cara yang bisa kalian coba untuk menggunakan kamera belakang smartphones android menjadi sebuah webcam untuk komputer atau laptop.

Membuat Kamera Android Menjadi Webcam:

Langkah 1: Download dan install IP Webcam pada ponsel Android, dan pastikan bahwa komputer dan Android terhubung lewat jaringan Wi-Fi yang sama. Pada saat yang sama, install IP Webcam Adapter pada komputer yang terhubung. Adaptor ini akan digunakan untuk mendeteksi ponsel Android sebagai webcam.

Langkah 2: Jalankan aplikasi pada Android dan lakukan konfigurasi resolusi bersama dengan kualitas. Silakan pilih kualitas yang cocok jika menggunakan koneksi Wi-Fi untuk surfing internet juga. Jika kalian menginginkan keamanan ditambahkan ke webcam saat terkoneksi lewat jaringan publik, kalian bisa menggunakan password login.

IP Webcam

Langkah 3: Setelah semua selesai diatur, gulir ke bagian bawah aplikasi dan tap pada server Start server.

Membuat Kamera Android Menjadi Webcam

Langkah 4: Buka browser web pada komputer dan ketik alamat yang ditunjukkan dalam modus kamera. Jika semuanya berjalan dengan lancar, kalian akan melihat halaman IP Camera pada browser. Buka link: Use browser built-in viewer (not supported by some browsers) dan periksa apakah kalian telah mendapatkan input dari kamera ponsel android.

Langkah 5: Setelah koneksi berhasil, buka Adapter Webcam IP yang diinstal pada komputer dan ketik http:// <ip address>: <port number> / videofeed pada bagian camera feed url, lalu klik pada tombol autodetect. Jika kalian menambahkan username dan password untuk keamanan webcam jangan lupa untuk mengisinya juga.

Kamera Belakang Android Jadi Webcam

Selesai, sekarang kalian bisa menggunakan webcam pada setiap aplikasi online dan desktop. Cukup pilih MJPEG Camera sebagai input.

Dengan IP Webcam kalian akan mendaptatkan kamera wbccam dengan resolusi yang lebih tinggai daripada menggunakan webam standar. Video chatting akan menjadi lebih nyaman dengan video yang cerah.

Baca juga: Software Untuk Mengubah Webcam Jadi Kamera Pengintai

Artikel Tips & Trik ini dipublikasikan pada hari Tuesday, 18 September, 2012 dengan Tags: , , , ·

Tulis komentar disini

Search
Subscribe