Membuat File & Folder Agar Tidak Bisa Di Edit, Copy, Paste, Rename & Delete

Menyimpan data di komputer sendiri tidak selalu aman, ada saja orang yang jahil dengan iseng melakukan hal yang tidak kita diinginkan. Mereka bisa saja mengubah nama folder dan file, mengedit isinya jika itus berupa dokumen, diambil dengan cara copy paste, dan lebih parah lagi mereka bisa men delete file folder tersebut tanpa sepengetahuan kalian.

Jika hal ini masalah buat kalian, maka ada baiknya mencegah agar file dan folder kalian tersebut lebih aman lagi tanpa harus menyembunyikanna dengan menggunakan software Prevent.

Prevent merupakan aplikasi kecil untuk windows, alat ini dapat digunakan untuk membuat file dan folder di windows tidak bisa diedit, dicopy, diubah namanya (rename) dan juga di dihapus (delete). Alat ini akan secara otomatis men disable fungsi yang biasanya ada di menu klik kanan seperti Copy, Cut, Paste, Delete, Copy To, Move To, Send To, dan Rename.

Cara Menggunakan Prevent Untuk Mencegah Copy Paste File & Folder

Pertama download terlebih dahulu software-nya yang bisa kalian dapatkan secara gratis disini. Jalankan program tersebut setelah selesai di install. Saat pertama kali dijalankan kalian akan mendapatkan gambar seperti di bawah ini:

Disable Copy Paste

Disini kalian diminta untuk memasukkan shortcut (hotkeys) yang nantinya digunakan untuk disable dan enable aplikasi Prevent. Pilih kombinasi tombol yang unik hindari penggunakan shortcut yang sering digunakan di windows seperti Ctrl+C atau Ctrl+V dll.

Sesudah itu tinggal klik pada tombol Activate. Coba cari sebuah file atau folder di komputer kalian, klik kanan pada file tersebut dan kalian akan menemukan dimana tombol copy, paste, rename, send to dan delete akan berwarna abu-abu yang artinya fungsi di disable alias tidak dapat digunakan

Disable Copy Paste

Tidak hanya lewat menu klik kanan, sofware ini juga menonaktifkan fungsi Ctrl+C, Ctrl+V, dan tombol Delete di keyboard.

Sekarang jika kalian ingin kmebali dapat mengedit file dan folder tersebut, tinggal gunakan hotkey yang sebelumnya dibuat, disini kaskot menggunkan Ctrl+P seperti pada gambar diatas.

Ada satu kelemahan yang kaskot temukan di software ini, meski menu rename sudah di disable di konteks menu klik kanan, namun fungsi untuk mengganti nama ini masih dapat dilakukan dengan menekan tombol F2 pada keyboard.

Setidaknya file dan folder kalian lebih aman karena tidak bisa di copy paste dan di delete.

Artikel Software ini dipublikasikan pada hari Tuesday, 24 July, 2012 dengan Tags: , ·

One Response to “Membuat File & Folder Agar Tidak Bisa Di Edit, Copy, Paste, Rename & Delete”

  1. bejo says:

    klo filenya brada di flashdisk apa juga bisa gan????

 

Tulis komentar disini

Search
Subscribe