Cara Mengetahui Processor CPU Support untuk Windows 8

Cara untuk cek dan mengetahui jika prosesor CPU komputer telah support untuk di install windows 8. Windows 8 RP telah dirilis dengan sejumlah fitur baru dan perbaikanperbaikan dari bugs yang ada. Namun ada beberapa user yang mendapati error “Your PC’s CPU isn’t compatible with Windows 8” ketika mencoba untuk mengupgrade ke Windows 8 Release Preview.

Error ini muncul karena Prosesor yang digunakan untuk mengisntall Windwos 8 tidak mensupport fitur PAE, NX, dan SSE2. Ini bisa diatasi dengan memeriksa BIOS dan memastikan jika fitur tersebut tersedia dan telah diaktifkan.

Namun ada baiknya sebelum mengisntall windows 8 RP ini, kita cek terlebih daulu CPU untuk mengetahui apakah processor yang digunakan siap untuk di install dengan OS Windows 8.

Untuk mengetahui processor CPU support Windows 8, berikut kaskot berikan langkah-langkahnya dengan menggunakan sebuah alat kecil bernama Coreinfo yang dapat kalian download disini, ekstrak terlebih dahulu file tersebut untuk mendapatkan Coreinfo.exe.

1. Buka command prompt di Windows, lalu ketikkan alamat dimana kalian tadi menyimpan file Coreinfo.exe tersebut, misalkan di desktop maka perintah yang dimasukkan adalah sebagai berikut: C:\Users\usernamekalian\Desktop\Coreinfo.exe contoh yang kaskot gunakan sbb: C:\Users\kaskot\Desktop\Coreinfo\Coreinfo.exe. Lebih lengkapnya lihat pada gambar dibawah:

Coreinfo

2. Setelah selesai emgnetikkan perintah tersebut, tekan Enter. Saat pertamakali digunakan kalian akan mendapatkan jendela persetujuan, klik saja pada tombol agree.

3. Lalu pada tampilan selanjutnya akan terlihat hasil dari perintah tersebut seperti gambar dibawah. Lihat pada tulisan PAE, NX, dan SSE2.

Cek Prosesor untuk Install Windows 8

Jika processor kalian mensupport fitur tersebut akan terlihat karakter bintang (*) disebelahnya, dan kode minus (–) jika tidak mendukung fitur yang ditampilkan. Seperti yang kalian lihat pada gambar diatas, yang kaskot beri tanda dengan kota merah ditampilkan jika prosesor yang digunakan telah mendukungfitur PAE, NX, dan SSE2.

Catatan: cara untuk mengetahui CPU mendukung untuk diinstall Windows 8 ini kaskot lakukan di windows 7.

Artikel Tips & Trik ini dipublikasikan pada hari Thursday, 7 June, 2012 dengan Tags: , , ·

Tulis komentar disini

Search
Subscribe