Cara Mudah Install Windows 8 Dari USB Flash Disk

Windows 8 Release Preview telah dirilis minggu lalu, beberapa dari kalian mungkin tak sabar untuk mencobanya langsung dari pada cuma mendengar dari teman. Spesifikasi minumum komputer untuk menginstall windows 8 tidak membutuhkan spek yang high end, jika kalian sudah pernah mengisntall windows 7 maka jangan khawatir windows 8 pasti dapat berjalan di spek komputer kalian tersebut. Atau sebaiknya baca dulu artikel kaskot tentang cara mengetahui CPU support windows 8 atau tidak.

Ok, sekarang balik ke judul cara install windows 8 lewat USB Flash disk. Sebelumnya pastikan dulu jika kalian telah men download file ISO Windows 8, kedua flash disk dengan kapasitas minimal 4GB, karena file ISO WRP cukup besar 2.5 GB untuk 32-bit dan 3.3 GB untuk 64-bit.

Jika dua hal tersebut sudah ada sekarang kita perlu sebuah software untuk membuat windows 8 bootable dari flash disk menggunakan Windows 7 USB/DVD tool, software ini dapat kallian download disini, ukurannya cukup kecil hanya 2.6MB dan Gratis!.

Selesai download, install Windows USB Tool lalu jalankan, lalu kalian akan melihat tampilan seperti gambar di bawah ini, langkah pertama tentukan lokasi file ISO windows 8 dengan mengklik tombol browse.

Windows USB Tool

Sekarang di langkah selanjutnya kalian diminta untuk memilih perangkat yang akan digunakan, disini kalian dapat memilih DVD atau USB Flash disk, untuk tutorial kali ini pilih saja USB drive.

WIndows 8 USB Flash disk Bootable

Aplikasi ini akan mem-format flash disk kalian, jadi semua yang tersimpan didalamnya akan dihapus, jika ada data penting ada baiknya untuk di backup terlebih dahulu sebelum mengunakan alat ini.

Setelah itu, Windows 7 USB/DVD ini akan melakukan proses untuk membuat windows 8 usb bootable, saat kaskot test prosesnya cukup cepat.

Membuat windows 8 usb bootable

Sekarang siap untuk mengisntall windows 8 dari USB. Restart komputer kalian, dan pilih dari setting dari BIOS untuk melakukan boot dari USB Flash disk di urutan pertama. Atau gunakan tombol F8 untuk memilih booting (mungkin akan berbeda di setiap komputer).

Jika semua langkah yang kaskot sebutkan diatas telah dilakukan dengan benar, selanjutnya tinggal install windows 8 seperti cara biasa yang kalian gunakan untuk mengisntall Windows 7 atau XP, tidak usah khawatir karena proses install windows juga diberikan tutorial setiap langkah-langkah prosesnya. Semoga berhasil. ;-)

Artikel Tips & Trik ini dipublikasikan pada hari Saturday, 9 June, 2012 dengan Tags: , , ·

Tulis komentar disini

Search
Subscribe